markoinbangkok.com

Pengenalan Sistem Pertahanan Udara Bavar-373 Iran: Ambisi dan Realitas

markoinbangkok.com – Pemerintah Iran telah mengungkapkan sistem pertahanan udara terbaru mereka, Bavar-373, yang menurut klaim otoritas setempat, mempunyai kemampuan untuk menetralkan pesawat siluman milik Amerika Serikat. Peristiwa ini terjadi di akhir pekan lalu dan menjadi sorotan utama dalam berita pertahanan internasional.

Kesetaraan dengan Sistem Rudal Global

Sistem Bavar-373 dianggap memiliki kesetaraan teknis dengan rudal S-300 Rusia dan sistem Patriot Amerika, menurut laporan dari berbagai sumber berita militer. SOFREP, salah satu outlet berita militer Iran, menekankan bahwa peningkatan yang diberikan pada sistem Bavar-373 mencerminkan kemajuan signifikan dalam industri pertahanan Iran.

Kemandirian dan Penguatan Jaringan Pertahanan

Dengan mengembangkan Bavar-373, Iran menunjukkan peningkatan dalam kemandirian mereka di bidang militer serta aspirasi untuk mengembangkan jaringan pertahanan udara yang lebih terintegrasi dan canggih, seperti yang dijelaskan oleh laporan SOFREP.

Fitur Canggih Bavar-373

Sistem ini dirancang dengan kemampuan mendeteksi dan melacak banyak target udara sekaligus, dengan kapasitas mengidentifikasi hingga 100 target secara bersamaan. Lebih lanjut, dengan persenjataan rudal Sayyad 4B, Bavar-373 dikatakan mampu menghadapi berbagai ancaman. Menurut sumber militer Iran, sistem ini juga memiliki jangkauan yang impresif, yang melampaui 186 mil dan ketinggian hingga 75 mil.

Verifikasi dan Evaluasi Kemampuan Sistem

Meskipun klaim tersebut telah disampaikan, SOFREP mengingatkan bahwa klaim-klaim ini belum diverifikasi secara independen. Tes nyata di lapangan diperlukan untuk menilai kemampuan sebenarnya dari Bavar-373, dan hingga saat itu, interpretasi atas kemampuannya harus dilakukan dengan hati-hati.

Penampilan di Panggung Internasional

Pada parade militer yang diselenggarakan tanggal 17 April, Iran memperlihatkan versi terbaru dari Bavar-373, yang sebelumnya telah dioperasikan pada tahun 2019. Demonstrasi ini merupakan bagian dari usaha Iran untuk secara terbuka menampilkan kemajuan teknologi pertahanan udara mereka.

Pembaruan pada sistem pertahanan udara Bavar-373 mengindikasikan langkah maju bagi industri pertahanan Iran, menandai pertumbuhan sektor ini dan menunjukkan ambisi Iran dalam memperkuat kemampuan pertahanan nasional mereka. Walaupun masih menunggu verifikasi dan uji coba independen, inisiatif ini secara jelas menunjukkan keinginan Iran untuk meningkatkan posisi mereka dalam teknologi pertahanan global.

Tentang Penulis

markoinbangkok