markoinbangkok.com

Mengatasi Persoalan Lahan IKN: Penerapan Program PDSK Plus Sebagai Solusi Multifaset

markoinbangkok.com – Di Ibu Kota Nusantara (IKN), terdapat 2.806 hektare lahan yang masih mengalami permasalahan. Raja Juli Antoni, sebagai Plt Wakil Kepala Otorita IKN (OIKN), telah mengadakan rapat dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk mencari solusi atas masalah tersebut.

Menurut Raja, pemerintah telah menyusun program Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan (PDSK) plus, yang dirancang khusus untuk menangani situasi setempat dengan pendekatan yang berbeda-beda sesuai kebutuhan. “Program ini akan beragam, mulai dari relokasi penduduk, pembangunan rumah tapak atau rumah susun, hingga penggantian lahan pertanian, tergantung pada keadaan spesifik di tiap area,” jelas Raja saat berbicara dengan wartawan di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, pada hari Senin (10/6/2024).

Plt Kepala OIKN, Basuki Hadimuljono memiliki pendapat berbeda tentang penanganan masalah lahan ini. Basuki menyatakan bahwa untuk menyelesaikan masalah ini tidak diperlukan Peraturan Presiden (Perpres). “Kami berkeyakinan bahwa dengan menggunakan instrumen hukum yang ada saat ini, masalah ini dapat diatasi,” ucapnya.

Sebelumnya, Basuki telah menyatakan kesiapannya untuk menuntaskan persoalan pembebasan lahan di IKN. Kendati demikian, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, menyampaikan bahwa menurut Raja sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), penyelesaian masalah ini memerlukan penerbitan Perpres. “Ada dua hal penting yang perlu diatur lewat Perpres, yaitu pengadaan lahan dan pelaksanaan PDSK Plus, yang bukan hanya meliputi penanaman tapi juga pembangunan infrastruktur dan rumah,” ujar Luhut di Kompleks DPR RI, pada hari Kamis (6/6/2024).

Luhut menambahkan, “Instruksi Presiden adalah untuk memprioritaskan kepentingan masyarakat. Oleh karena itu, PDSK Plus akan segera diimplementasikan, dan Perpres terkait sedang disiapkan oleh Pak Raja bersama dengan Sekretariat Negara.”

Tentang Penulis

markoinbangkok