markoinbangkok.com

Peningkatan Pengamanan oleh Pemerintah Arab Saudi di Lokasi-Lokasi Penting Ibadah Haji

markoinbangkok.com – Menjelang puncak ibadah haji pada 9 Zulhijah, atau 15 Juni 2024, Pemerintah Arab Saudi telah mengambil langkah-langkah signifikan untuk memperketat keamanan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina dikenal secara kolektif sebagai Armuzna. Saat ini, hanya kendaraan yang memiliki izin tasreh yang diizinkan melintas di area tersebut, sebagai upaya untuk memastikan keamanan dan kelancaran jalannya ibadah haji.

Tim Pengawas Haji DPR RI, yang terdiri dari beberapa anggota termasuk Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus, Ketua Komisi VIII Ashabul Kahfi, serta Wakil Ketua Komisi VIII Marwan Dasopang, bersama anggota lainnya, telah melakukan kunjungan ke Armuzna. Kunjungan ini bertujuan untuk mengamati langsung situasi keamanan dan persiapan logistik menjelang puncak haji.

Dari pengamatan yang dilakukan pada tanggal 13 Juni 2024, terlihat bahwa akses ke Armuzna telah dikontrol secara ketat. Petugas kepolisian yang ditempatkan di berbagai titik melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap setiap kendaraan yang melintas, memastikan setiap kendaraan yang masuk memiliki stiker tasreh sebagai bentuk verifikasi.

Kawasan Armuzna, yang merupakan titik krusial dalam perjalanan ibadah haji, termasuk wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah, dan jamarot di Mina, saat ini terpantau sepi dari kendaraan tidak berkepentingan, menunjukkan efektivitas dari tindakan keamanan yang diterapkan.

Wakil Ketua Komisi VIII, Marwan Dasopang, menyatakan bahwa inspeksi ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua fasilitas yang akan digunakan oleh jemaah haji, termasuk tenda dan sarana transportasi, telah memenuhi standar yang diharapkan dan siap untuk digunakan. “Tujuan utama kami adalah memastikan bahwa jemaah haji dapat melaksanakan ibadah mereka dengan nyaman dan aman,” ujar Marwan.

Langkah-langkah keamanan yang ditingkatkan ini adalah bagian dari inisiatif pemerintah Arab Saudi untuk menjamin keamanan dan kenyamanan jemaah haji selama berada di lokasi-lokasi suci, serta untuk memastikan kelancaran jalannya prosesi ibadah haji yang merupakan salah satu rukun Islam yang penting.

Tentang Penulis

markoinbangkok